Analisis Model Bisnis pada Pegipegi




Hallo Guys ..
Kali ini saya akan membahas tentang sebuah perusahaan pegipegi. Pegipegi adalah perusahaan yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api melalui situs web, serta melalui aplikasi gratis di Android dan iOS. Berbasis operasional di Jakarta, Pegipegi secara fokus membantu mengelola kebutuhan liburan atau perjalanan bisnis masyakarat Indonesia.
Selain situs website www.pegipegi.com yang diluncurkan sejak Mei 2012 lalu, startup ini juga menyediakan berbagai platform yang memudahkan komunikasi dengan pelanggan, seperti Line, BBM, Whatsapp, serta telepon dan e-mail.

Model Bisnis
Pegipegi menggunakan model bisnis marketplace yaitu sebuah pasar elektronik yang melakuakan kegiatan menjual suatu produk jasa yang meliputi tiga aspek, yaitu:
  •  Business to business (B2B)
  • Consumer to Business (C2B)
  • Consumer to Consumer (C2C)
Dalam hal ini pegipegi hanya menjadi penyedia jasa aplikasi yang mengumpulkan penjual dalam aplikasinya. Dengan begitu pegipegi memiliki mitra kerja pada bidang jasa travel. Memudahkan penjual untuk bisa langsung berinteraksi dengan konsumennya.

Pegipegi menyediakan customer service yang tidak hanya tersedia melaui telepon dan email, tetpi juga dapat melalui Whatsapp, BBM, dan Line. Yang memudahkan konsumen dalam pelayanan yang di inginkan konsumen. Mereka juga bekerja sama dengan startup di bidang fashion (BerryBenka) untuk memberikan diskon harga setiap melakukan transaksi. Dalam pegipegi juga dapat menemukan berbagai promo hasil kerja sama pegipegi dengan berbagai bank terkemuka di Indonesia. Banyak juga promo yang diberikan oleh pegipegi setiap ada event atau hari penting seperti diskon tiket pesawat atau diskon hotel berupa voucher.
1. Customer segments
     - Grow
       Semua usia dan semua segmen
2. Value Propositions
     - Add
       Customization and getting job done
     - Grow
       fasilitas yang harus ditingkatkan, pelayanan dengan kualitas baik, harga spesial untuk pelanggan yang loyal
     - Reduce
       pelayanan yang tidak maksimal
3. Channels
    - Add
      cara tidak langsung, after sales
    - Grow
     sering update, sales call, meningkatkan pemasaran selain menggunakan media elektronik dan internet
    - Reduce
      mengurangi media iklan yang kurang efiesien
4. Customer relationship
   - Add
     Training
   - Remove
     ketidak ramahan pihak hotel dengan konsumen
   - Grow
     meningkatkan dan memaksimalkan hubungan dengan konsumen, meningkatkan perhatian untuk konsumen, meningkatkan kemampuan berbahasa
5. Revenue Streams
   - Add
     biaya jasa perantara dan biaya iklan
   - Grow
     pendapatan dari sewa kamar dang gedung
   - Reduce
     ketergantungan dengan satu jenis pendapatan
6. Key resources
   - Add
     jumlah karyawan dan fasilitas
   - Remove
     ketidakramahan karyawan
   - Grow
     memaksimalkan kinerja tiap karyawan, skill karyawan, dan training
   - Reduce
     ketidakramahan karyawan
7. Key activities
   - Add
     Training
   - Remove
     kegiatan yang tidak penting (misal karyawan sering keluar hotel tanpa tujuan yang jelas), karyawan yang kurang peka, karyawan tidak ringan
tangan
   - Grow
     meningkatkan pelayanan, training, sales call, meningkatkan hubungan dengan konsumen, meningkatkan hubungan dengan banyak pihak
8. Key partnership
  - Add
    Menambah mitra
  - Grow
    meningkatkan hubungan dengan konsumen yang juga termasuk sebagai mitra kerjasamanya, meningkatkan hubungan dengan banyak pihak
9. Cost structure
  - Add
    alat / media pengganti yang dapat meminimalkan pengeluaran
  - Grow
    sosialisasi kepada setiap karyawan untuk lebih berhemat
  - Reduce
    mengurangi biaya yang tidak perlu, mengurangi pemberian sumbangan (tidak perlu terus menerus dalam jumlah yang besar)

BPMN dari Pegipegi :
Proses pemesanan Hotel

Value Chain dari Pegipegi

1. e-Produk dan e-Service
PegiPegi menawarkan layanan informasi dan reservasi penginapan (hotel atau villa) secara mudah. Pengguna dapat mencari penginapan berdasarkan tujuan wisata (kota atau area), memilih penginapan yang tersedia pada tanggal yang diinginkan dan kemudian melakukan reservasi secara  mudah melalui web PegiPegi.
Produk yang ditawarkan oleh pegipegi itu merupakan produk jasa yaitu seperti pemesanan hotel yang menawarkan ribuan pilihan Hotel telah bergabung dengan pegipegi yang ada di seluruh area Indonesia, pembelian tiket pesawat dan perjalanan dari berbagai Maskapai Penerbangan untuk tujuan Domestik dan Internasional, dan juga bisa mebeli tiket kereta api melalui aplikasi atau website.

2. e-Procurement
Proses pengadaan barang/jasa yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website. Untuk pengadaan produk jasa yang dimiliki pegipegi mendapatkan produknya sendiri dari hotel dan maskapai yang telah bergabung dengan pegipegi.

3. e-Marketing
Sebagai marketplace pegipegi memiliki beberapa pesaing yang bergelut dibidang yang sama. Sebut saja craiglist yang memiliki fitur yang hampir sama dalam penyediaan online marketplace. Dengan itu pegipegi membutuhkan strategi markrting yang kuat. Untuk bersaing dengan website dan aplikasi lain yang sejenis. Melakukan pemasarannya melalui Pegipegi menyediakan customer service yang tidak hanya tersedia melaui telepon dan email, tetpi juga dapat melalui Whatsapp, BBM, dan Line. Yang memudahkan konsumen dalam pelayanan yang di inginkan konsumen. Mereka juga bekerja sama dengan startup di bidang fashion (BerryBenka) untuk memberikan diskon harga setiap melakukan transaksi. Dalam pegipegi juga dapat menemukan berbagai promo hasil kerja sama pegipegi dengan berbagai bank terkemuka di Indonesia. Banyak juga promo yang diberikan oleh pegipegi setiap ada event atau hari penting seperti diskon tiket pesawat atau diskon hotel berupa voucher.

4. e-Contracting
Konsumen yang ingin menggunakan aplikasi atau website untuk memesan hotel & membeli tiket pesawat/ kereta, konsumen harus terlebih dahulu login dengan mengisi beberapa identitas seperti Nama Lengkap dan alamat email. Dan jiga ketika sudah memesan konsumen akan di minta mengisi indentitas yang dibutuhkan oleh pihak hotel atau maskapai.

5. e-Distribusition
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Pada pegipegi setelah memesan menentukan tanggal pemesanan dan melakukan pembayaran, pihak pegipegi akan mengirimkan email berupa perupa pemberitahuan detail transaksi yang dilakukan oleh konsumen, dan bisa juga mengirimkan e-tiket lewat email yang telah terdaftar oleh konsumen. Pada pegipegi tidak ada distribusi secara langsung karena pegipegi hanya penyedia jasa atau marketplace.

6. e-Payment
Reservasi perjalanan online pegipegi bisa dilakukan dengan metode pembayaran yang universal dan bisa dilakukan oleh semua wisatawan baik mereka yang datang dari lokal maupun internasional. Adapun pembayaran yang disediakan adalah e-banking, melalui ATM, serta kartu debit atau kartu kredit yang kesemuanya bisa dilakukan tanpa adanya pungutan biaya transaksional. Untuk pembayaran, saat ini PegiPegi menerima pembayaran melalui KlikBCA, Mandiri ClickPay, ATM Mandiri, ATM BCA serta melalui kartu kredit Visa dan MasterCard.

7. e-CRM
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan. Strategi yang dilakukan pegipegi untuk menunjang kepuasan penggan dengan memberikan memberitau kepada konsumen tentang promo yang sedang berlangsung melalui aplikasi atau email yang telah terdaftar, selain itu pegipegi memberikan banyak sekali diskon untuk kepuasan pelanggan, dan juga pelanyanan costumer service untuk mempermudah mendengarkan keluhan pelanggan.

Kesimpulan
Disini PegiPegi menerapkan bisnis model market place yaitu sebuah pasar elektronik yang melakuakan kegiatan menjual suatu produk jasa, pegipegi tidak memiliki produk sendiri melaikan menjalin kerja sama dengan agen-agen travel diseluruh Indonesia dan Internsional, untuk menjadikannya produk jasa pada pegipegi. PegiPegi menawarkan layanan informasi dan reservasi penginapan (hotel atau villa) secara mudah. Pengguna dapat mencari penginapan berdasarkan tujuan wisata (kota atau area), memilih penginapan yang tersedia pada tanggal yang diinginkan dan kemudian melakukan reservasi secara  mudah melalui web dan aplikasi PegiPegi. Dengan menerapkan value chain yang tepat akan menjadikan pegipegi suatu market place yang menarik dan dapat diterima oleh konsumen secara baik.



Referensi : 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Total Pageviews